Sabtu, 03 Agustus 2019

Tips agar Tukang Bangunan Bekerja dengan Efektif


Rumah merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjadi tempat berteduh. Anda tentu inginnya bisa memiliki rumah sendiri. Impian memiliki rumah sendiri ini bisa diwujudkan dengan menggunakan tukang bangunan. Ini tips agar tukang yang digunakan bekerja dengan efektif sesuai dengan perencanaan. 

Pantau Pekerjaan yang Dilakukan

Anda yang ingin tukang bekerja dengan efektif perlu melakukan pemantauan perkerjaannya.  Mulai dari pekerjaan yang bisa dilakukan bersama. Anda bisa melihat jika pekerjaan bisa dilakukan bersamaan maka arahkan tukang saat ada yang tidak bekerja. Contoh perkerjaan yang bisa dilakukan bersamaan adalah pemasangan pondasi batu, pembesian sloof, dan kolom beton. 

Sembari itu bisa pula menyiapkan kusen pintu dan jendela. Anda bisa juga melihat pengerjaan pembuatan rangka atap juga bisa dilakukan bersamaan. Pemantaun Anda pada pekerjaan tukang akan membuat pengerjaan bangunan yang direncanakan berjalan tepat waktu. 

Ada juga pekerjaan yang dilakukan bergantian. Misalnya pemasangan bata yang bergantian dengan pengecoran kolom beton. Jadi Anda tidak bisa mendesak jika sedang mengerjakan bagian ini. Kemudian pengerjaan plafon rumah bergantian dengan instalasi listrik dan air. 

Pantau Bahan Material

Pengerjaan bangunan tidak akan berjalan dengan baik dan tepat waktu jika bahan material tidak tersedia sesuai kebutuhan. Saat melakukan pemantauan terhadap tukang bangunan, jangan lupa untuk memantau bahan materialnya. Anda bisa menanyakan adakah bahan yang kurang kepada mandornya. Jangan didiamkan saja karena jika lambat menyediakan, proses kerja juga lambat. 

Kontrak Kerja Sama

Anda bisa mendapatkan tukang yang bekerja dengan efektif jika sudah ada perjanjian kerja sama. Kontrak kerja sama ini akan membantu Anda untuk memantau apa saja yang dikerjakan. Kontrak yang ada ini akan menjadi bukti hitam di atas putih untuk kerja sama yang disepakati. 

Jika ada yang melenceng dari pekerjaan yang dilakukan Anda bisa menegur tukang tersebut. Di dalam kontrak ini Anda juga bisa mengontrol jumlah material yang digunakan jangan sampai melenceng dari perkiraan. Di dalam kontrak ini akan tertera jumlah biaya yang akan dibayarkan. 

Berikan Servis yang Baik

Pekerjaan tukang ini tentunya membutuhkan tenaga, Anda tentu sudah menaruh kesepakatan dengan tukang tentang konsumsinya selama pengerjaan. Jika menggunakan jasa arsitektur maka semua pelayanan untuk tukang dilakukan oleh pihak arsitektur. 

Berbeda jika Anda hanya mengambil jasa tukang secara langsung. Maka pelayanan atau servis tukang Anda lah yang melakukannya. Penyediaan konsumsi perlu dilakukan dengan baik. Selain itu penyediaan minumnya, paling tidak air putih. Ini akan membuat tukang menjadi lebih semangat dan tidak memundur-mundurkan waktu untuk pergi makan atau membeli minum. 

Evaluasi Berkala

Lakukan sebuah evaluasi berkala untuk pembangunan yang sedang dilakukan. Anda lihat kembali kontrak yang sudah disepakati dan hasil dari pengerjaan. Jika belum sampai dengan target yang sudah ditentukan bisa mempertanyakannya dengan tukang apa yang menjadi kendala. 

Jangan diabaikan ketika melihat pengerjaan yang tidak sesuai. Evaluasi ini bisa dilakukan di akhir pekan atau setiap tukang sedang beristirahat. Ini juga akan membuat Anda dan tukang menjadi mitra yang saling berkomunikasi dengan baik. Evaluasi akan sangat membantu untuk membuat stabilitas kinerja tukang tetap terjaga. 

Anda bisa melakukan tips agar tukang bangunan bekerja dengan efektif secara mudah. Tidak perlu pusing untuk menerapkan tips ini karena sangat sederhana dan bisa sambil berjalannya proses pembangunan. Jika tidak ingin repot lebih praktis jika langsung menggunakan jasa tukang secara resmi. Anda bisa menghubungi sejasa.com untuk informasi lebih jelas. 

0 komentar:

Posting Komentar