Selasa, 24 Maret 2020

Inilah Beberapa Penyebab Tulang Ekor Sakit dan Cara Mengatasinya


Saat tulang ekor sakit sudah pasti tidak akan nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Apabila kondisi sudah parah maka rasa sakitnya bisa saja menyebar ke seluruh bagian tubuh yang lain. Bagian-bagian lain yang akan terkena dampaknya adalah seperti pada bagian paha, rektrum sampai dengan pinggul. Bila sakitnya sudah menyebar maka kondisi ini juga akan berdampak pada rasa tidak nyaman saat akan duduk. Tidak hanya akan terganggu saat akan duduk namun juga akan berdampak pada saat olahraga menjadi tidak nyaman dan dampak lain yang akan sangat mengganggu adalah tidur Anda akan menjadi terganggu.

Tulang ekor yang sedang sakit atau biasanya nyeri dalam dunia kesehatan memang sering disebut dengan istilah cyoccydynia. Kondisi tersebut biasanya merupakan salah satu kondisi saat tulang ekor Anda mengalami reaksi yang timbul dikarenakan terjadi peradangan. Dan peradangan ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah ketika Anda duduk dalam waktu yang cukup lama. Secara umum orang yang mengalami sakit pada tulang ekornya akan merasakan rasa sakit seperti tulang terkena tekanan atau bisa juga merasakan kejang otot.

Rasa sakit yang muncul bila sudah parah akan menjalar ke beberapa bagian tubuh yang paling sering adalah kaki. Selain itu juga bisa muncul saat Anda sedang buang air besar. Bila pada wanita, rasa sakit yang ada tulang ekor ini juga akan semakin terasa saat sedang haid atau sedang berhubungan seks. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui yang menjadi penyebab munculnya sakit pada tulang ekor:

1. Pertama adalah biasanya disebabkan karena rasa trauma yang timbul pada wanita sesudah mereka melahirkan. Biasanya rasa sakit yang muncul pada tulang ekor tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti tulang tersebut terluka atau tulang tersebut patah ketika melahirkan. Selain trauma yang diakibatkan saat proses lahiran, bisa juga disebabkan karena adanya tekanan saat sedang hamil. Biasanya trimester kehamilan yang semakin tua makan tekanan yang diberikan juga akan semakin besar. Hal inilah yang kadang menyebabkan tulang ekor menjadi sakit.

2. Sindrom Levator juga merupakan salah satu penyebab dari rasa sakit yang muncul pada tulang ekor. Bagi Anda yang belum tahu bahwa sindrom ini merupakan salah satu kondisi dimana terjadinya kejang otot yang terjadi pada bagian otot anus. Karena kejang yang terjadi pada otot tersebut kemudian menjadi penyebab rasa sakit tersebut menyebar pada bagian tulang ekor.

3. Terjadi masalah yang terjadi pada tulang ekor. Masalah-masalah tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya cedera yang terjadi pada tulang belakang. Selain itu bisa juga muncul karena disebabkan setelah adanya proses operasi yang dilakukan pada tulang belakang yang kemudian rasa sakitnya menyebar pada tulang ekor. Satu hal penting yang perlu Anda ketahui bahwa obesitas juga bisa menjadi salah satu penyebab tulang ekor menjadi sakit.

Apabila saat ini Anda sedang menderita tulang ekor sakit segera konsultasikan pada dokter karena takutnya terjadi penyakit yang berbahaya seperti adanya tumor atau bisa jadi syaraf tulang belakang terjepit yang kemudian berakibat pada hal-hal yang fatal. Bila Anda mengalami penyakit tersebut Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi obat-obatan khusus sesuai dengan anjuran dokter. Selain minum obat Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan peregangan ringan seperti contohnya adalah dengan melakukan olahraga ringan setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar