Sabtu, 11 April 2020

4 Tips Hemat Membeli Peralatan Kantor


Saat Anda mengerjakan laporan laba rugi perusahaan setiap bulan, mungkin agak tertegun dengan biaya beli peralatan dan perlengkapan kantor yang banyak. Padahal, pengeluaran untuk membeli peralatan jarang terjadi atau jenis biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar. Bagaimana bisa pengeluaran untuk membeli peralatan begitu besar? Kalau tidak jeli membeli peralatan dan perlengkapan kantor Anda, maka anggaran bisa membengkak. Hal ini dikarenakan Anda membeli peralatan kantor yang kurang berkualitas. 

Agar bisa melakukan penghematan beli peralatan kantor dengan baik, Anda harus selektif dan menganalisa barang yang dibutuhkan supaya dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Yuk, simak tips menghemat biaya beli peralatan berikut ini!

1. Memesan peralatan yang dibutuhkan 

Sebelum Anda melakukan pembelian barang yang masuk dalam daftar peralatan, sebaiknya tinjau kembali apakah pembelian benar-benar sesuai kebutuhan. Jangan sampai Anda membeli barang atau peralatan karena tergoda diskon atau harga murah semata. 

Cek setiap peralatan memang perlu penggantian dalam waktu dekat atau tidak. Jika peralatan dalam kondisi berkualitas atau masih baik, sebaiknya tidak membuang anggaran untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan. 

2. Memesan dalam jumlah banyak 

Sedia payung sebelum hujan memang dianjurkan, namun kalau Anda tidak memiliki pertimbangan matang soal pengelolaan keuangan usaha maka bisnis bisa macet. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak terburu-buru membeli barang yang masuk dalam daftar peralatan sebanyak mungkin. 

Selain itu, pembelian dalam jumlah banyak untuk kategori barang yang sama bisa menyusahkan Anda. Jangan sampai Anda butuh peralatan kantor lain, tetapi uang sudah habis. Tentu hal ini bisa mengganggu kelancaran usaha Anda, bukan? 

3. Membuang barang yang tidak digunakan lebih dahulu 

Sebelum Anda berniat membeli atau belanja peralatan untuk kantor, pastikan melakukan pembersihan lebih dahulu. Barang apa saja yang memang tidak berguna atau tidak terpakai, sebaiknya Anda segera mengemas barang-barang tersebut. 

Kondisi kantor yang bersih dan bebas dari benda tidak penting akan membantu Anda dalam melakukan pendataan apa saja peralatan yang hendak dibeli. Cara yang efektif untuk membeli peralatan yang dibutuhkan kantor saat ini. 

4. Mempertimbangkan beli peralatan rekondisi

Tidak ada salahnya membeli peralatan rekondisi atau barang bekas yang diperbaharui kembali asal kualitas peralatan masih jempolan. Tentu peralatan rekondisi harus memenuhi syarat sehingga tidak mempengaruhi produktivitas kantor nanti. 

Membeli barang rekondisi yang masih berfungsi dan berkualitas bagus, bisa membantu biaya pengeluaran Anda. Toh, harga barang rekondisi jauh lebih miring dibandingkan dengan peralatan baru. 

Jangan lupa untuk membeli peralatan kantor jauh hari, ya! Mencatat barang atau peralatan yang masuk bisa membantu Anda memiliki sistem pencatatan barang kantor akan memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola peralatan yang harus diganti, hilang dan sebagainya. Penghematan biaya operasional kantor akan membantu perusahaan mencapai tujuan dengan anggaran yang terkelola dengan benar. 

0 komentar:

Posting Komentar